MAHASISWA FE UMSIDA BUKA BAZAR DI GOR SIDOARJO
(Aplikasi Mata kuliah Kewirausahaan)

     Pagi itu, 25 Januari 2015, halaman utama GOR Sidoarjo yang biasa dipakai kegiatan senam  tampak berbeda sekali. Halaman GOR Sidoarjo berubah ramai dan hiruk pikuk dengan kegiatan bazar mahasiswa FE UMSIDA yang notabene merupakan kegiatan rutin mahasiswa FE sebagai aplikasi lapangan mata kuliah Kewirausahaan. Bazar inipun sudah mulai buka dari pagi jam 06.00, mahasiswa pun sudah siap dalam stand bazar masing-masing dengan aneka produk yang siap dijual. Ada berbagai macam barang yang dijajakan; makanan, minuman, asesoris, pakaian, bahkan pameran ukm fotografi dan ukm band turut serta meramaikan bazar tersebut. Pakaian yang dikenakan mahasiswa dalam berjualan pun unik,kombinasi kain batik dan almamater yang mampu menggerus perhatian setiap mata pengunjung GOR Sidoarjo.

     Para dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan tampak hilir mudik mengunjungi setiap stand dan mengamati kegiatan jual beli yang dilakukan mahasiswa. Hal ini semata untuk memberikan penilaian yang fair terhadap prestasi mahasiswa dalam kegiatan bazar. Keberhasilan memperdagangkan jualan sampai habis merupakan faktor utama yang memberikan sumbangsih dalam penilaian. Tampak dosen pengasuh mata kuliah Kewirausahaan Hasan Ubaidilah, SE. MM dan Misti Hariasih SE.MM serta Hujatullah Fazlurrahman, SE. MBA sibuk mencatat penilaian diatas lembar kertas yang dibawa. Tampak juga Kaprodi Manajemen FE, Rifdah Abadiyah, SE.MSM.CHCM dan Kaprodi Akuntansi FE, Imelda Dian R, SE. M.AK. Ak serta Dekan FE, Heri Widodo, SE. MSi. Ak serta banyak dosen FE yang hadir ikut memberikan semangat kepada mahasiswa. Sesekali tampak transaksi jual beli yang dilakukan dosen-dosen tersebut. Barang barangnya bagus sich dan kemasannya menarik, harga terjangkau....itu yang membuat saya membeli….ujar salah satu dosen.

     Kegiatan Bazar di Gor Sidoarjo oleh mahasiswa FE Umsida diikuti oleh 24 Kelompok yang terdiri dari semester 3 dan 7 mahasiswa yang menempuh mata kuliah Kewirausahaan. Keseluruhan stand berjumlah 24 stand yang setiap kelompok terdiri atas 8-10 orang. Dari jam ke jam pengunjung stand bazar semakin ramai, malah ada beberapa stand makanan yang ludes terjual habis sebelum waktu penutupan bazar jam 10.00 siang. Hebat!!…ungkap mahasiswa bangga dan bersemangat. Mata kuliah Kewirausahaan bisa menjadi modal kita selepas kuliah menjadi entrepreneur yang sukses nantinya…ujar salah satu mahasiswa dengan semangat 45. Mahasiswa mengeluarkan biaya sendiri untuk membuka stand produk jualan, panitia hanya menyediakan tempat bazar. Semangat menjual dan bertransaksi yang disertai marketing yang bagus turut mewarnai keberhasilan mahasiswa dalam kegiatan bazar ini. Pengunjung membludak di jam 09.00 dan rata-rata stand mahasiswa dan produk jualan mereka ludes terjual. Bahkan banyak pengunjung yang memanfaatkan foto selfie ataupun foto bersama mahasiswa didepan stand bazar yang dianggap unik. Sungguh kegiatan yang luar biasa. Mahasiswa, Dosen, serta Masyarakat lebur jadi satu dalam kegiatan aplikasi mata kuliah Kewirausahaan. “Brand image” yang bagus pun menjadi sasaran yang tercapai oleh FE Umsida dalam kegiatan Bazar Mahasiswa di GOR Sidoarjo ini. Tak ayal, kata berhasil dan sukses mewarnai kegiatan Bazar Kewirausahaan FE UMsida pada 25 Januari 2015.