Untuk mempersiapkan calon wisuda dalam mencari pekerjaan, Pusat Karir Umsida gelar Seminar Pra Wisuda (17/10). Dengan mengusung tema “Muda Jaya Bertalenta dan Beretika”, acara yang menghadirkan langsung Alumni Fakultas Psikologi, Muhammad Haris Noviyanto S Pd M Psi Psikologi sebagai Trainer and Consultant Human Resource Management. Pada kesempatan tersebut Haris mengatakan, bahwa peluang kerja sarjana saat ini belum optimal. Oleh karena itu mahasiswa diarahkan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi psikotest. “Sehingga diharapkan mahasiswa mampu lulus seleksi kerja,” katanya.

Haris pun menjelaskan penyebab mahasiswa tidak lolos dalam seleksi kerja yaitu tidak tau informasi, tidak kompeten, dan tidak royal. “Mahasiswa ketinggalan dalam mencari informasi pekerjaan, bahkan adanya value yang tidak sesuai dengan yang diinginkan perusahaan,” paparnya. Selain itu, kesesuaian calon pekerja dengan perusahaan dan pekerjaan juga menjadi perhatian penting yang harus dipertemukan oleh pelamar pekerjaan

Dalam kesempatan itu pula, Haris memperlihatkan video tentang kenyataan saat ini pekerjaan manusia tergantikan oleh teknologi. Dalam perusahaan Pizza di India misalnya, haris mengatakan “Memasak masih seseorang, akan tetapi pengirimannya menggunakan sebuah teknologi mesin.”

Untuk Psikotest, lanjut Haris ada beberapa cara dalam menghadapi psikotes “Pertama, pahami instruksi tes, kedua percaya diri serta tidak mencontek. Kalau mencontek, seperti membohongi diri sendiri. Akan mudah gugur dari seleksi kerja,” ujarnya dengan penuh semangat. Lebih lanjut, Haris juga memberikan tips wawancara pekerjaan dari mulai memperkenalkan diri, motif diri melamar, pengetahuan dan pemahaman tentang perusahaan, pemahaman diri sendiri, besaran gaji, harapan dan gambaran di masa datang. “Usahakan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan,” sarannya.

diakses dari https://umsida.ac.id/seminar-pra-wisuda-umsida-bekali-calon-wisudawan-hadapi-dunia-kerja/

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *