Jumat, 22 November 2019 Empat Alumni Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melakukan kunjungan sekaligus sosialisasi ke JIAEC DEPOK keempat Alumni FIKES UMSIDA tersebut adalah Roma, Pangestu, Zahro dan Dana yang didampingi oleh Staff Pusat Karir dan Alumni UMSIDA yaitu Ainun Zariyah. JIAEC atau Japan Indonesia Association For Economy Cooperation merupakan kegiatan usaha yang bergerak dibidang Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Program Pemagangan ke Jepang. Yang terletak di Jalan IR H Juanda Kav Adikarya No 20 Kel Baktijaya Kec Sukmajaya Depok  Jawa Barat Legalitas dari JIAEC sendiri yaitu PMA Jepang dengan memiliki Ijin Usaha Tetap dari BKPM Nomor 563/T/Perdagangan/Perhubungan/2005. Ijin Pemagangan terbaru dari Kementerian Tenaga Kerja RI Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas No Kep 294/LATTAS/X/2017 Tanggal 31 Oktober berlaku sampai 3 Tahun kedepan.

Hingga saat ini telah diberangkatkan lebih dari 10000 orang peserta magang dengan jumlah trainee yang berada di Jepang saat ini lebih dari 4000 orang dan Pemberangkatan Trainee tahun 2018 sebanyak 1591 orang. Para Trainee ditempatkan pada lebih dari 600 perusahaan penerima di Jepang, dengan berbagai jenis industri antara lain  Perkapalan Permesinan Otomotif Elektronika Perkeretaapian Kontruksi Sipil Alat Berat Pertanian Perikanan Tekstil dan lainnya. Trainee di tempatkan di Jepang untuk jangka waktu 1 sampai 3 tahun.

Dalam perekrutan JIAEC bekerjasama dengan 298 SMK beserta institusi pendidikan yang tersebar di Pulau Jawa dan perusahaan swasta baik PMDN maupun PMA Jepang serta BUMN. Kapasitas dari JIAEC Depok mencapai 550 orang Trainee / Periode pelatihan. Kapasitas JIAEC Yogyakarta mencapai 350 orang Trainee / Periode pelatihan. Dan kapasitas JIAEC Surabaya mencapai 100 orang Trainee / Periode pelatihan.

Alumni FIKES UMSIDA juga mengikuti test yang diadakan pada hari itu juga. Mereka begitu senang dapat berkunjung langsung ke JIAEC karena banyak ilmu baru yang didapatkan disana. Mulai dari kedisiplinan yang tinggi, orang-orang yang ada didalamnya sangat ramah dan pekerja keras. Alumni UMSIDA berharap dapat lolos dalam test ini. Karena cita-cita ke luar negri terutama Jepang merupakan cita-cita mereka. Tidak hanya itu disana juga diajarkan bagaimana mandiri misalnya diwajibkan untuk masak sendiri setiap harinya dan bagaimana caranya menghemat uang. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berharap kedepannya agar JIAEC bisa MOU dengan UMSID agar banyak Alumni yang keluar negeri dan mengangkat perekonomian mereka.

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *