Rabu,  11 Maret 2020 Pusat Karir dan Alumni  UMSIDA mengadakan kegiatan Sosialisasi & Koordinasi Tracer Study yang dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung A Lt. 1 UMSIDA. Kegiatan ini dihadiri oleh Warek III, Kaprodi/Sekprodi beserta pengurus IKA Fakultas.

Tracer Study dilakukan untuk mendapatkan  gambaran  yang  obyektif  tentang  informasi lulusan  dalam  karir,  status,  keterserapan  kerja,  relevansi  pengetahuan  dan  keterampilan dengan  pekerjaannya.

Berdasarkan  Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Prodi dan Perguruan Tinggi terkait pentingnya pelaksanaan Tracer Study yang mengharuskan Tracer Study untuk dilakukan setiap tahun. Sosialisasi & Koordinasi Tracer Study diadakan dengan tujuan untuk mempersiapkan sistem Tracer Study UMSIDA 2020 agar pelaksanaannya berjalan dengan lancar.

“Masalah terbesar tracer study adalah respon alumni. Kunci keberhasilan Tracer adalah tingkat partisipasi dari alumni (response rate). Tracer study melacak alumni dari awal mendapatkan informasi hingga mendapatkan pekarjaan yang lain.” ungkap Yanuar Nugroho S.E., M.Sc., Ak., CA selaku Koordinator Bidang Pengembangan Jejaring Alumni PPKK UNAIR.

Koordinator  Bidang Pengembangan Jejaring Alumni PPKK UNAIR Yanuar Nugroho, mengatakan bahwa Tracer Study digunakan untuk Pengklasteran Ranking PT. Tracer Study merupakan cerminan pengelolaan manajemen perguruan tinggi (evaluasi diri).

Selanjutnya Kepala Pusat Pengembangan karir Dan Alumni Bayu Hari Prasojo Ssi MPd mengharapkan adanya kedekatan IKA Fakultas dengan Pusat Karir dan Alumni untuk menyukseskan Tracer Study.

 

Penulis: Sinta Novita L

 

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *